Sabtu, 14 April 2012

Tips menghadapi UN ( Ujian Nasional)

Besok pasti menjadi hari yang mendebarkan buat kebanyakan siswa kelas 3 SMA/SMK pasalnya besok adalah UN hari pertama,mungkin sebagian dari anda sedang mengalaminya,kalau saya sendiri sudah lama sekali,beberapa tahun yang lalu,dan setidaknya hasil dari UN itulah yang mengantarkan saya ke pekerjaan saya,Nilai saya waktu itu untuk 3 mata pelajaran Normatif yaitu Bahasa indonesia,Bahasa inggris dan matematika bila di rata-rata 8 jadi tiap mata pelajaran dapat nilai 8,lumayan lah hehe,bukan menyombongkan diri tapi hanya sekedar contoh saja dan tentu nilai yang saya dapat bukan suatu kebetulan,perlu usaha untuk mendapatkanya,dan saya akan mencoba berbagi apa saja yang saya lakukan waktu itu untuk menghadapi Ujian Nasional

1.Jangan Tegang, Panik lebih lebih Takut

meski sebetulnya saya ngga berhasil mengatasinya,minimal kurangi kepanikan anda,berusaha tetap tenang dalam menghadapi soal soal ujian,walau soalnya sulit buat anda,karena kalau kita tegang akan membuat konsentrasi kita berkurang,terlebih kalo soalnya hafalan,saya jamin anda akan lupa apa yang sudah anda hafal,terus jangan terlalu takut menghadapi ujian,banyak kasus siswa yang depresi dan stress karena tidak lulus ujian,menurut saya itu karena mereka terlalu takut dan kurang persiapan,bahkan menganggap gagal UN adalah akhir dari segalanya,jangan sampai ini terjadi pada anda sobat blogger.Yakinlah kalo anda bisa menghadapinya

2.Belajar dengan giat dan sungguh sungguh sedini mungkin

Belajar sudah menjadi harga mati sebelum menghadapi ujian,tanpa belajar anda tentu ngga akan tahu cara menjawab soal ujian,berilah porsi waktu yang cukup buat belajar,untuk mata pelajaran yang belum anda kuasai usahakan porsi waktu belajarnya di tambah,kalo di sekolah dulu ada latihan ujian,manfaatkanlah waktu tersebut untuk memahami pelajaran dan latihan soal,karena soal ujian dari tahun ke tahun hampir sama,yang penting anda paham betul apa yang anda pelajari. Kalau saya merasa gemblengan pra ujianlah yang paling bermanfaat buat saya,karena dengan itulah saya bisa menghadapi Ujian Nasional dengan percaya diri,terima kasih buat bapak ibu guru yang telah membimbing saya

3.Jaga kesehatan kondisi badan

Penting untuk menjaga kesehatan tubuh sobat blogger,bayangkan kalau anda sedang sakit saat ujian anda pasti tak akan maksimal saat menjawab soal ujian,itu kalau sakitnya tak terlalu parah,kalau sampai anda tak bisa masuk tentu anda tak akan menjawab soal sama sekali.jadi penting agar tetap fit,kalau saya jaga pola makan sudah cukup,plus sedikit suplemen penunjang kesehatan fisik dan fikiran,terus jangan tidur terlalu malam supaya paginya anda bisa lebih fresh

4.jangan lupa tetap berdoa

Ada pepatah lama "Ora et Labora" artinya berdoa dan bekerja,doa adalah jurus terampuh setelah kita berusaha,tapi kalau anda cuma berdoa saja tanpa belajar ya sama aja ngga sama hehe,berdoa lalu berusaha dengan belajar sungguh sungguh,faktor x tak datang tiba tiba,tapi datang dengan panggilan doa,itu menurut saya.bisa jadi doa anda bisa mendatangkan soal ujian yang sudah anda kuasai

Nah itulah hal yang saya lakukan ketika menghadapi Ujian,saya dengar standar batas nilai ujian selalu naik tiap tahunnya (hehe kaya harga sembako),tentu hal itu harus anda siasati dengan cara anda masing masing sesuai kemampuan anda,semoga bermanfaat

Tips menghadapi UN ( Ujian Nasional) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Terima kasih sudah berkomentar